- Bahasa Indonesia
- English
You are here
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Prodi S2 Pendidikan Jasmani
Primary tabs
Capaian Pembelajaran Lulusan
Learning outcomes lulusan Program Magister Program Studi Pendidikan Jasmani diturunkan dari profil lulusan yang telah ditetapkan, mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonsesia (KKNI) yang tertuang dalam Perpres Nomor 8 Tahun 2012, Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi ,yaitu :
Tabel 1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Magister Program Studi Pendidkan Jasmani.
|
|
S1 |
Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius. |
S2 |
Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika. |
S3 |
Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, |
S4 |
Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, |
S5 |
Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain. |
S6 |
Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan. |
S7 |
Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. |
S8 |
Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik. |
S9 |
Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. |
S10 |
Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan. |
|
|
P1 |
Menguasai konsep, teori, dan falsafah ilmu Pendidikan Jasmani, melalui pendekatan hasil penelitian dan artikel jurnal. |
P2 |
Menguasai konsep dan teori dalam mengembangkan model pembelajaran pendidikan jasmani, melalui pendekatan hasil penelitian dan artikel jurnal. |
P3 |
Menguasai konsep dan teori metodologi penelitian dan penerapan statistika dalam bidang Pendidikan Jasmani. |
P4 |
Menguasi konsep dan teori dalam perkembangan dan pembelajaran gerak, melalui pendekatan hasil penelitian dan artikel jurnal. |
P5 |
Menguasai konsep dan teori dalam merencanakan, mengembangkan, dan menganalisis materi serta evaluasi dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, melalui pendekatan hasil penelitian dan artikel jurnal. |
P6 |
Menguasai konsep penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai dasar dalam pemilihan bahan ajar dan media pembelajaran jasmani. |
P7 |
Menguasi konsep dan teori psikologi dalam bidang Pendidikan Jasmani, melalui pendekatan hasil penelitian dan artikel jurnal. |
P8 |
Menguasi konsep dan etika dalam penulisan karya ilmiah sebagai bekal dalam mempublikasikan karya ilmiah di proceding nasional/internasional, jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional bereputasi. |
|
|
KU1 |
Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, Menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang telah diterbitkan di jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima di jurnal internasional. |
KU2 |
Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya |
KU3 |
Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas. |
KU4 |
Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin. |
KU5 |
Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data. |
KU6 |
Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas. |
KU7 |
Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri. |
KU8 |
Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi. |
|
|
KK1 |
Mampu mengembangkan model pembelajaran pendidikan jasmani sesuai dengan karakteristik peserta didik, melaui pendekatan hasil penelitian dan artikel jurnal. |
KK2 |
Mampu menerapkan konsep metodologi penelitian dan penerapan statistika dalam bidang Pendidikan Jasmani. |
KK3 |
Mampu merencanakan, mengembangkan, dan menganalisis materi serta evaluasi dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani, melalui pendekatan hasil penelitian dan artikel jurnal. |
KK4 |
Mampu mengembangkan dan menerapkan bahan ajar dan media pembelajaran Pendidikan Jasmani berbasis teknologi dan informasi. |
KK5 |
Mampu mengembangkan pengetahuan dan teknologi di bidang Pendidikan Jasmani melalui riset, hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji. |
KK6 |
Mampu memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan dan teknologi |
KK7 |
Mampu mengelola riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi |
KK8 |
Mampu menulis karya ilmiah dan dipublikasikan di proceding nasional/ internasional, jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional bereputasi. |
Kurikulum
Struktur kurikulum Program Magister Program Studi Penididkan Jasmani terdiri atas Mata Kuliah Pondasi Keahlian (MPK), Mata Kuliah Keahlian (MKK), dan Mata Kuliah Kemampuan Tambahan (MKKT). MPK merupakan mata kuliah yang memberikan pondasi keahlian sesuai dengan prodi atau bidang keahlian. MKK merupakan mata kuliah yang membentuk keahlian prodi. MKKT adalah mata kuliah pilihan yang ditawarkan oleh prodi dan dapat diambil oleh mahasiswa dari prodi lain dalam rangka menambah kemampuan dalam bidang lain (multidisipliner). Berikut Struktur kurikulum Program Magister Program Studi Pendidikan Jasmani:
Tabel. 1.
Tabel Tabel 1 Struktur dan Sebaran Mata Kuliah Program Magister Program Studi Pendidikan Jasmani:
No | Kode | Mata Kuliah | sks | Sem & sks | Jml SKS | |||||||
Jml | T | P | 1 | 2 | 3 | 4 | ||||||
A. Mata Kuliah Pondasi Keilmuan | 7 | |||||||||||
1 | PPS8201 | Filsafat Ilmu | 2 | 2 | 0 | 2 | ||||||
2 | PPS8202 | Statistika | 2 | 2 | 0 | 2 | ||||||
3 | PPS8303 | Metodologi Penelitian Pendidikan | 3 | 3 | 0 | 3 | ||||||
Jumlah sks Mata Kuliah Pondasi Keilmuan | 7 | 7 | 0 | 7 | 0 | 0 | 0 | |||||
B. Mata Kuliah Keahlian Program Studi | 31 | |||||||||||
1 | PJS8201 | Analisis Materi Pembelajaran Penjas di Sekolah Menengah | 2 | 2 | 0 | 2 | ||||||
2 | PJS8202 | Kajian Faal dalam Aktivitas Jasmani | 2 | 2 | 0 | 2 | ||||||
3 | PJS8303 | Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani | 3 | 3 | 0 | 3 | ||||||
4 | PJS8204 | Psikologi Pendidikan Jasmani | 2 | 2 | 0 | 2 | ||||||
5 | PJS8205 | Kajian Perkembangan dan Pembelajaran Motorik | 2 | 2 | 0 | 2 | ||||||
6 | PJS8206 | Manajemen Pendidikan Jasmani | 2 | 2 | 0 | 2 | ||||||
7 | PJS8307 | Pengembangan Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani | 3 | 3 | 0 | 3 | ||||||
8 | PJS8208 | IPTEK Pendidikan Jasmani | 2 | 2 | 0 | 2 | ||||||
9 | PJS8209 | Penulisan Karya Ilmiah | 2 | 1 | 1 | 2 | ||||||
10 | PJS8210 | Topik dan Penulisan Pra Proposal Tesis | 2 | 1 | 1 | 2 | ||||||
11 | PJS8311 | Proposal Tesis | 3 | 3 | 0 | 3 | ||||||
12 | PJS8612 | Tesis | 6 | 6 | 0 | 6 | ||||||
Jumlah sks Mata Kuliah Keahlian Program Studi | 31 | 29 | 2 | 7 | 15 | 3 | 6 | |||||
C. Mata Kuliah Kemampuan Tambahan *) | 3 | |||||||||||
1 | PJS8313 | Literasi Bahan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi (TI)* | 3 | 3 | 3 | |||||||
2 | PJS8314 | Literasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi (TI)* | 3 | 3 | 3 | |||||||
Jumlah sks Mata Kuliah Pilihan | 3 | 3 | 0 | 0 | 3 | 0 |
Keterangan:
*) Pilih salah satu
Kontak Kami
Program Studi Pendidikan Jasmani S2
Jl. Kolombo No. 1 Yogyakarta
Telp. : 0274-513092, 586168 psw 341
Fax. : 0274-513092
Web. : https://s2penjas.fikk.uny.ac.id/
E-mail : s2penjas@uny.ac.id
Copyright © 2024,